Buah Kering Sama Sehatnya dengan Buah Segar

Rajin mengonsumsi buah-buahan merupakan salah satu kunci untuk hidup sehat dan panjang umur. Selain buah segar, para ahli menyebutkan buah yang sudah dikeringkan ternyata sama sehatnya dengan buah segar.
Hal tersebut ditegaskan oleh para ahli gizi dalam kongres The World Nut and Dried Fruit. Salah satu tujuan dari kongres ini adalah meningkatkan pemahaman masyarakat global akan pentingnya buah-buahan kering, seperti halnya buah segar.

Dr Daniel Gallaher dari University of Minnesota, AS, mengungkapkan, buah kering juga sumber serat yang baik. "Seperti buah segar, buah kering juga memiliki kadar glikemik rendah dan berperan penting untuk mencegah penyakit metabolik seperti diabetes," katanya.
Penelitian juga menunjukkan buah kering memiliki manfaat sama untuk mencegah kanker. "Meski mekanismenya belum diketahui, ekstrak buah-buahan mampu menghentikan perkembangbiakan sel kanker dan menekan inflamasi," kata Dr Andriana Kaliora, peneliti lain.
Beberapa jenis buah kering juga mengandung polifenol yang diketahui bisa melindungi jantung dari kerusakan.
Kendati demikian, sebagian ahli juga menyatakan buah-buahan kering seperti manisan mengandung gula terlalu banyak, sehingga orang gemuk jangan berlebihan dalam mengonsumsinya.
Sumber :