Cara Hentikan Kebiasaan Gigit Kuku

Beberapa orang mungkin suka menggigit kuku karena alasan bosan, cemas, stres atau perilaku kompulsif (kebiasaan yang berulang-ulang). Kebiasaan menggigit kuku bisa membahayakan kesehatan. Bagaimana cara menghentikannya?

Menurut studi Operant Learning Principles Applied to Nail Biting yang dilakukan oleh Terry M. McClanahan, kebiasaan menggigit kuku terjadi 28-33 persen pada anak-anak usia 7-10 tahun, 44 persen remaja, 19-29 persen dewasa muda dan 5 persen pada dewasa tua.


Kadang-kadang kebiasaan menggigit kuku juga dikenal sebagai onychophagia kronis, yang harus dirawat oleh dokter atau penyedia layanan kesehatan mental, karena sering kali kebiasaan ini dapat merusak.

Tangan dan kuku merupakan sarang kuman, bakteri, virus atau jamur. Oleh karena itu, kebiasaan menggigit kuku harus segera dihentikan karena kebiasaan buruk ini dapat membahayakan kesehatan.

Seperti dilansir dari Ehow, Selasa (1/6/2010), berikut 10 cara untuk menghentikan kebiasaan menggigit kuku:

1. Keinginan berhenti
Kebiasaan menggigit kuku adalah masalah mental, sama halnya dengan kebiasaan merokok atau menurunkan berat badan. Maka untuk mematahkannya, terlebih dahulu Anda harus berniat untuk berhenti.

2. Identifikasi masalah
Bila kebiasaan menggigit kuku terjadi pada anak, pertama identifikasi penyebab kebiasaan tersebut. Seringkali stres adalah penyebab utama menggigit kuku pada anak. Maka dengan membantu mengatasi stres, Anda juga akan dapat menghentikan kebiasaannya menggigit kuku.

3. Perhatikan diri ketika sedang menggigit kuku
Dengan duduk di depan kaca dan memperhatikan diri Anda sendiri, akan terlihat betapa tidak menariknya Anda ketika sedang menggigit kuku. Ini akan membantu mengurangi kebiasaan Anda.

4. Membuat tangan tetap sibuk
Ketika Anda merasakan godaan untuk menggigit kuku, cobalah untuk membuat tangan dan jari tetap sibuk, misalnya dengan menulis atau melakukan sesuatu yang membuat jari tetap bergerak.

5. Kunyah permen karet
Dengan membuat mulut dan gigi sibuk pun dapat mencegah menggigit kuku. Mengunyah permen karet bebas gula dapat membuat gigi Anda tetap sibuk dan lupa untuk menggigit kuku.

6. Rawat kuku dengan baik

Menjaga dan merawat kuku adalah trik psikologi terbaik untuk menghentikan kebiasaan menggigit kuku, terlebih lagi jika Anda merawatnya di salon dengan perawatan khusus, yaitu manicure. Melihat kuku yang rapi, bersih, segar dan indah akan membuat Anda sayang untuk merusak keindahan tersebut, sehingga lambat laun dapat menghentikan kebiasaan menggigit kuku.

7. Potong pendek kuku
Kuku yang pendek jelas akan mencegah Anda untuk menggigit kuku, karena tidak ada kuku yang bisa Anda gigit.

8. Menggunakan cat atau lotion anti menggigit kuku
Beberapa apotek menjual cat atau lotion anti menggigit kuku. Ini adalah semacam cat kuku yang akan membantu Anda menahan diri menggigit kuku. Bila tanpa sadar menggigit kuku yang dioleskan dengan cat kuku ini, maka Anda akan merasakan pahit yang mengerikan. Ini akan mencegah 'kereta' otak Anda untuk berhenti menggigit dan mematahkan kebiasaan menggigit kuku.

9. Kenakan karet gelang
Dengan mengenakan karet gelang di pergelangan tangan, maka setiap kali Anda ingin menggigit kuku, tariklah karet gelang dan lepaskan hingga mengenai kulit dan terasa sakit. Hal ini akan membuat Anda jera dan membantu mneghilangkan kebiasaan untuk menggigit kuku.

10. Memberi hadiah
Menghadiahi diri sendiri dan orang lain ketika tidak menggigit kuku dapat juga menjadi cara menghentikan kebiasaan buruk itu. Misalnya, hadiahi diri dan orang lain dengan sesuatu yang kecil seperti permen ketika sanggup tidak menggigit kuku selama 1 jam. Coba terus tingkatkan kemampuan untuk tidak menggigit kuku, hingga akhirnya bisa benar-benar berhenti melakukan kebiasaan buruh itu.

sumber : detikhealth